Kuburan kuno terbesar di Indonesia   Leave a comment

Gambar tempayan berisi tulang yang diperkirakan berasal dari abad 18.

Sebanyak 52 tempayan kubur (tajau) yang diperkirakan dibuat pada abad ke-16 hingga 18 masehi ditemukan di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tempayan kubur tersebut ditemukan para peneliti dari Balai Arkeologi Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang melakukan penggalian sejak 16 Mei hingga 4 Juni 2010.”Temuan ini merupakan pertama kali di Kaltim dan merupakan kuburan kuno terbesar di Kalimantan bahkan di Indonesia sebab di beberapa tempat biasanya hanya ditemukan satu hingga tiga tempayan kubur,”kata ketua tim peneliti Penguburan Tajau, Bambang Sugianto di lokasi penemuan kuburan kono, di Kecamatan Sangasanga, Kutai Kartanegara.

“Terdapat dua jenis tempayan yang kami temukan yakni, berbentuk ramping sebanyak 18 buah dan tambun 34 buah. Tempayan ramping tingginya 82 centimeter, lebar mulut 22 centimter dan diameternya 49 centimeter. Sementara, tempayan tambun memiliki tinggi 70 centimeter, lebar mulut 20 centimeter serta diameternya 50 centimeter dengan masing-masing tempayan berisi satu jasad,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) Samarida, Wilayah Kaltim, Edi Tri Haryantoro, mengaku, temuan kuburan kuno itu memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.”Temuan ini sangat bernilai, baik dari aspek penelitian, pelestarian maupun aspek pemanfaatan. Dari segi validitas, temuan ini memperlihatkan data tentang sistem budaya dan sosial masyarakat kita pada zaman dahulu,” katanya.
“Jika dilihat dari segi fisik, kuburan ini berasal dari jaman sebelum masa kolonial di Sangasanga. Jadi, temuan ini memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat tinggi,” ungkap Edi Tri Haryantoro.

Posted Juni 6, 2010 by dani chiaputra in berita, daerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: