Lubang di tengah kota Guatemala City   Leave a comment

Sinkhole

Topan tropis Agatha menghantam Guatemala pada sabtu 29 Mei 2010 dan menewaskan 150 orang. Akibat paling mengerikan yang tersisa dari badai ini adalah sebuah lubang di tengah kota. Pemerintah setempat secara resmi menyebarkan foto-foto tersebut pada 31 Mei 2010.

Dilaporkan sebuah rumah berlantai tiga jatuh ke dalam lubang ini saat badai sedang terjadi karena besarnya diameter lubang ini. Fenomena ini dikabarkan memang sering muncul akibat topan yang terjadi dan sering ditemukan di berbagai tempat di dunia.

sinkhole 2

Namun, penyebab lubang ini juga sebagian karena ulah manusia. Pemakaian air tanah yang berlebihan dan penataan kota yang tak memerhatikan daya dukung lingkungan, telah menyebabkan fenomena sinkholes ini semakin jamak terjadi. Aktivitas manusia juga ikut memengaruhi terciptanya sinkhole. Peneliti dan surveyor dari Universitas Orlando Florida, William C Sinclair dan Barry F Chack PhD menjelaskan, aktivitas-aktivitas manusia perkotaan yang berkaitan dengan penggunaan air tanah juga turut menyebabkan terjadinya sinkholes.

Sinkhole 3

Lubang besar di tengah kota Guatemala City

Penyebab Sinkholes
Sinkholes adalah lubang pada tanah yang terbentuk tiba-tiba. Lubang tanah ini diakibatkan tekanan terhadap permukaan tanah yang terjadi ketika sebuah lapisan bawah tanah melemah dan tak mampu menopang struktur lapisan di atasnya. Sinkhole dapat terjadi akibat proses alami, yakni ketika sub-permukaan batuan/tanah larut dan membuat rongga bawah tanah. Peristiwa ini sering terjadi di mana batuan di bawah permukaan tanah adalah batu gamping, dolomit, batuan karbonat, atau jenis batuan yang dapat secara alami dihanyutkan oleh sirkulasi air tanah. Di AS, sinkholes alam yang paling umum terjadi di Florida, Texas, Alabama, Missouri, Kentucky, Tennessee, dan Pennsylvania. Sinkhole terluas yang tercatat di daratan aalah Sinkhole Qattara yang berada di bagian barat dari Kairo, Mesir. Qattara adalah sinkhole alam terbesar di dunia, panjangnya 80 kilometer dengan luas 120 kilometer dan dalamnya 133 meter.
Video kemunculan sinknole di Guatemala City

Posted Juni 10, 2010 by dani chiaputra in baca aja, berita, wisata

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: