Wajah-wajah di Belmez   3 comments

Terletak di rumah keluarga Pereira di Street Real 5, Bélmez de la Moraleda, Jaén, Spanyol, fenomena penampakan wajah-wajah di lantai ini terjadi tahun 1971 hingga sekarang masih bermunculan.  Awal kejadian, rumah yang ditinggali Maria Gomez Camara bersama suaminya, Juan dan anaknya, Miguel. Maria adalah ibu rumah tangga dan Juan seorang petani di desa itu.  Tanggal 23 Agustus 1971, yang merupakan hari pertama munculnya wajah di lantai dapur Maria. Ketika Maria masuk ke dapurnya, ia mendapati lantai dapurnya muncul gambar wajah manusia yang  membuatnya hampir pingsan.

Face of Belmez

Akibatnya seluruh desa gempar dan Maria berani bersumpah bahwa wajah itu tidak ada di sana sebelumnya.

Dapur Maria pun dipenuhi oleh tetangganya yang berdatangan ingin melihat. Dan terganggu oleh mereka, akhirnya Maria dan keluarganya sepakat untuk membongkar dan menghancurkan wajah di lantai itu dan menimpanya dengan semen kembali. Semua tenang kembali.
Seminggu berlalu, pada 8 September 1971, Maria melakukan kegiatan dapurnya seperti biasa,namun apa yang dilihat Maria kali ini benar-benar luar biasa…Persis di lantai yang sama, Maria melihat perlahan-lahan garis-garis bermunculan membentuk…sebuah wajah!!

Wajah lain muncul di lantai

Dan kehebohan pun semakin menjadi, selain warga yang semakin ramai berdatangan, banyak paranormal pun ikut melakukan penelitian di dapur Maria. (Beberapa bulan kemudian bermunculan wajah-wajah lain. Ada yang mirip wajah anak-anak, wanita, pria, tua dan muda).

Namun kemudian walikota yang turun tangan malah menjadikan dapur Maria sebagai objek wisata dan meminta agar wajah di dapur itu dipelihara! Caranya? Lantai itu dipotong dan diberi bingkai kemudian digantung dekat cerobong.

Efeknya Miguel kini harus menambal lubang di lantai itu. Mereka kemudian menggali dengan maksud menambalnya seperti semula. Setelah dilakukan penggalian sedalam 2,5 meter, mereka menemukan sesuatu!  Sesuatu yang mungkin menjadi penyebab munculnya wajah di lantai dan sesuatu itu adalah tulang belulang manusia!

Memang, warga tahu rumah Maria berdiri di atas kuburan lama. Tulang-tulang itupun kemudian dikuburkan kembali dengan selayaknya.  Dan aktifitas paranormal yang terjadi di rumah itu pun dianggap selesai.

Tapi apa yang terjadi kemudian? Dua minggu setelah itu, muncul wajah lain di samping wajah pertama dan seterusnya merupakan keanehan tak berujung yang hingga saat ini masih terjadi, wajah-wajah lain bergantian timbul dan hilang. Total ada 18 wajah di lantai itu saling beredkatan namun dengan mimik yang berbeda-beda! Dan luar biasanya, wajah itu bisa muncul dan menghilang di depan mata orang yang melihatnya.  Maria dan keluarganya benar-benar menyerah sekarang.

Wajah-wajah bermunculan hingga kini

Wajah-wajah di Belmez

Di Eropa, penduduk selalu skeptis terhadap suatu fenomena. Begitu juga di Spanyol. Dan rumah Maria tak luput didatangi oleh banyak peneliti. Peneliti utama kasus ini adalah Hans Bender dan Jerman de Argumosa. Keduanya berkolaborasi di Bélmez dan Freiburg di awal 1970-an ketika fenomena nyata ini dimulai. Namun, baik Bender maupun de Argumosa tidak menerbitkan laporan resmi mereka. Bisa dijelaskan, Bender sangat sedikit menulis tentang kasus di jurnalnya Zeitschrift für Parapsychologie. Argumosa, seorang parapsikolog Spanyol menghabiskan masa  dua tahun mengevaluasi apa yang dia yakini adalah misteri Gothic, tapi tidak mempublikasikan apapun. Namun, Bender tidak menyebutkan kasus ini berlalu dan disebut dalam beberapa kuliahnya. Pernyataan pentingnya mengacu pada penyegelan area lantai tempat beberapa wajah yang bermunculan dengan bahan plastik transparan: “Di Bélmez, sedikit perubahan konfigurasi wajah ‘selama periode fenomena ini di bawah segel (dibuktikan oleh notaris) telah memberikan kontribusi untuk memastikan asal paranormalnya.”

Banyak di antara peneliti percaya fenomena  itu hanya sebuah rekayasa dari Maria untuk mendapatkan keuntungan tapi para peneliti itu tidak mendapatkan bukti yang mendukung pernyataan mereka. Dan yang didapat Maria cuma sebuah dapur baru dari pemerintah setempat sebagai pengganti dapur lama yang menjadi objek wisata dan penelitian. Itu saja.

Desa Belmez

Penelitian lain, lebih tepatnya studi ilmiah yang dilakukan y Instituto de Cerámica Vidrio atau Institut Keramik dan Kaca yang membawa sampel wajah yang ditemukan Pastor JM Pilon pada September 1990 masing-masing 30 miligram dan 60 miligram sampel. Dan hasil yang didapat dari analisa kimia dapat dijelaskan secara sederhana menjadi seperti berikut,”tidak ada jejak cat yang ditemukan dari kedua sampel tersebut.”  Artinya tak ada jawaban secara kimiawi bahwa wajah di lukisan itu hasil lukisan seseorang. (hasil asli rumit dan penuh dengan istilah-istilah kimiawi.”)

Peneliti lain lebih mengarah pada hipotesa mencurigai semua wajah di lantai itu adalah rekayasa. Ada yang bilang dengan suatu cara melukis dengan memakai zat kimia campuran dari zinc, timah dan kromium untuk menghasilkan visual efek pada lantai. Ada yang mencurigai Maria menggunakan cuka dan jelaga, tapi tak bisa membuktikan cara kerja kedua bahan itu untuk melukis. Bahkan paranormal yakin Maria menggunakan fotografi infrared. Tapi semua tak terbukti.

Maria Gomez Camara

Maria meninggal pada Februari 2004 dalam usia 85 tahun. Dan wajah-wajah itu masih bermunculan di lantai dapur rumahnya. Jika selama 33 tahun Maria merekayasa semua wajah itu, betapa hebatnya dia telah berhasil membohongi para ilmuwan dan peneliti dari Eropa. Tak ada penjelasan tentang wajah yang tiba-tiba muncul di lantai di depan mata kepala orang yang melihatnya. Hingga kini, siapa pun dapat melihat ke desa Belmez wajah-wajah itu terus muncul dan hilang.

Yang terakhir, menurut isu, wajah Maria Gomez Camara ikut muncul di lantai setelah kematiannya.  Dan bagi yang kurang percaya dengan tulisan ini, silakan melihat rekaman video wajah di Belmez di youtube.

sumber: wikipedia, terselubung dll.

Posted Juni 10, 2010 by dani chiaputra in baca aja, berita, foto, wisata

3 responses to “Wajah-wajah di Belmez

Subscribe to comments with RSS.

  1. ngga berani bos buka youtubenya.. sisi magis ternyata memang ada di dunia ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: