RCW 120: Calon Bintang di Tata Surya kita   Leave a comment

rcw 120

Teleskop Herschel milik Badan Antariksa Eropa (ESA) berhasil memotret gambar sebuah bintang kolosal seukuran dengan Matahari, terlihat berkembang didalam gelembung gas bernama RCW 120, yang disebut merupakan bayi bintang. Infrared teleskop Herschel berhasil menangkap citra material beku bersuhu rendah pada gelembung tersebut. Jarak RCW 120 dari bumi adalah 4300 tahun cahaya, cukup jauh memang namun masih termasuk lingkup tata surya kita.

Bayi bintang ini berusia tidak kurang dari 10.000 tahun dan belum menyalakan pembakaran nuklir yang akan membentuknya sebagai dasar. Tapi beratnya sekitar 10 kali dari Matahari dan dikelilingi sekitar 200 material angkasa.
“Ini adalah bintang besar yang mengontrol pergerakan dan evolusi kimiawi galaksi,” jelas ilmuwan Herschel Dr Annie Zavagno dari Laboratoire d’Astrophysique de Marseille.”Ini adalah bintang besar yang menciptakan elemen yang berat seperti besi dan mereka mampu menempatkannya dalam media antar bintang. Dan karena mereka mengakhiri hidupnya dalam ledakan Supernova, mereka juga menyuntikan banyak tenaga kedalam galaksi,” katanya kepada BBC.

Teleskop Herschel

Kemampuan unik Herschel adalah sistem kerja sinar infra merah jarak jauh dan dengan batas antara sub-milimeter sekitar 55 hingga 672 mikro, yang berarti bisa melihat proses fisik yang lebih baik dari teleskop lain. Teleskop senilai miliaran euro buatan Badan Luar Angkasa Eropa ini dikirim ke orbit dengan roket Ariane pada tanggal 14 Mei tahun 2009. Berlokasi 1 juta kilometer lebih dari Bumi, teleskop ini mampu memberikan pemandangan tanpa halangan ke luar angkasa.

Video Citra yang berhasil ditangkap teleskop Herschel.

Posted Juni 11, 2010 by dani chiaputra in baca aja, berita, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: