9 Prediksi Gagal tentang Kiamat   Leave a comment

Saya memilih tulisan ini didasarkan pada bagaimana dan berapa jauh daya imajinasi seseorang? Dimana batas imajinasi itu berakhir? Bentuk imajinasi bisa lahir dari mana saja?

Prediksi hari kiamat, tanggal akhir dari kalender suku Maya dan gagasan-gagasan yang menempatkan konteks tersebut dalam angka waktu yang sesuai dengan cermat. Kebanyakan nabi akhir jaman datang dari perspektif agama dan sebagian dari orang-orang sekuler telah berhasil menyebabkan rasa takut dan cemas ke dalam pikiran banyak orang. Satu skenario pasti tentang ramalan kiamat yang sama adalah mereka tak pernah terbukti. Berikut ramalan yang tidak berjalan sesuai dengan waktu:

1. Para Nabi Hen di Leeds 1806
Telah banyak contoh orang yang menyatakan bahwa kedatangan kembali Yesus Kristus sudah dekat dalam sejarah. Tapi mungkin belum pernah ada seorang utusan asing daripada seekor ayam betina ke kota Leeds Inggris pada tahun 1806. Tampaknya induk ayam mulai bertelur di mana frase “Kristus akan datang” ditulis. Saat berita mukjizat ini menyebar, banyak orang menjadi yakin bahwa hari kiamat sudah dekat. Hingga seeorang di kota itu yang begitu penasaran ingin melihat dari dekat ayam petelur tersbut dan ternyata ia menemukan seseorang telah melakukan penipuan pada telur yang telah menetas .

2. Sang Milleris 1843

William Miller

Adalah seorang petani di New England bernama William Miller yang telah bertahun-tahun mendalami Alkitab, menyimpulkan bahwa Tuhan telah menentukan Hari Kiamat melalui penafsiran literal yang mendetil dari Kitab Suci. Ia menyampaikan kepada siapa saja yang mau mendengarkan khotbahnya. Menurutnya hari itu akan terjadi antara 21 Maret 1843-21 Maret 1844. Setelah khotbahnya menjadi terkenal dan akhirnya berhasil mengumpulkan ribuan pengikut yang disebut sebagai Milleris, ia memutuskan bahwa hari kiamat jatuh pada tanggal 23 April 1843. Akibatnya orang-orang pun menjual harta mereka dan membagi-bagikan apa yang mereka miliki. Asumsi mereka, tak ada yang mereka perlukan lagi. Dan saat 23 April tiba (tapi Yesus belum tiba), kelompok itu akhirnya membubarkan diri dan membentuk komuni yang kita kenal sekarang sebagai Advent Hari Ketujuh.

3. Mormon Armageddon. 1891

Joseph Smith

Joseph Smith, pendiri Gereja Mormon mengadakan pertemuan denngan para pemmpin Gerejanya pada Februari 1835 dan mengatakan kalau dia telah berbicara dengan Tuhan. Dalam percakapan itu dia telah diberitahu bahwa Yesus akan datang dalam 56 tahun ke depan, setelah Akhir Jaman yang akan segera terjadi.

4. Komet Halley 1910

Komet Halley

Tahun 1881 seorang astronom menemukan melalui analisa spektra bahwa ekor komet mengandung gas mematikan bernama sianogen (rujukan dari asam sianida). Ini hanya sebuah pernyataan menarik saja, hingga seseorang menyadari bahwa pada 1910 bumi akan dilewati komet Halley berikut ekornya yang mengarah ke bumi. Apakah semua orang di bumi akan tersiram ekor beracun yang mematikan itu? New York Times dan surat kabar lainnya saat itu mencetak dan menerbitkan spekulasi ini dan menyebabkan kepanikan di seluruh Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Kepanikan baru berhenti saat seorang kepala ilmuwan mengatakan tak ada yang perlu ditakuti dari komet itu.

5. Pat Robertson. 1982

Pat Robertson

Pendiri Koalisi Kristen Pat Robertson (pendiri CBN atau Christian Broadcasting Network, pendiri regent University dan di Indonesia memiliki acara SOLUSI di SCTV) pada mei 1980 membuat pernyataan yang mengejutkan semua orang. Bertentangan dengan Matius 24:36 “…Tak satupun yang tahu saat ataupun hari, bahkan para Malaikat di Surga pun tidak..” ia menginformasikan melalui acara tv klub 700 nya kepada seluruh pemirsa di dunia bahwa ia tahu kapan dunia ini berakhir. “Saya jamin pada akhir 1982 akan menjadi hari penghakiman terkhir” begitu katanya.

6. Gerbang Surga 1997

Komet Hale Bopp

Ketika komet Hale-Bopp muncul pada tahun 1997, adal desas-desus bahwa pesawat alien mengikuti komet itu. dan hal ini ditutup-tutupi oleh NASA dan komunitas astronomi. Meskipun klaim itu dibantah oleh para astronom (dan bisa dibantah oleh siapapun dengan teleskop yang baik), desas-desus itu dipublikasikan pada sebuah talkshow “Coast to Coast Am” di radio paranormal Art Bell’s. Klaim ini terinspirasi oleh sebuah UFO San Diego yang bernama Gerbang Surga dan menyimpulkan bahwa dunia akan segera berakhir. Dunia memang akhir bagi 39 anggota sekte, yang bunuh diri pada tanggal 26 Maret 1997.

7. Nostradamus 1999

Michel de Nostradame

Tulisan metafora dan terasa mengaburkan makna dari Michel de Nostradame telah membuat orang tertarik selama lebih dari 400 tahun. Tulisan-tulisannya, akurasinya sangat bergantung pada intepretasi yang fleksibel, telah diterjemahkan berulang dalam banyak versi yang berbeda. Salah satunya, quatrains yang sangat terkenal yaitu,”pada 1999 bulan ketujuh, akan datang dari Langit seorang raja teror yang Agung. Banyak pengikut nostradamus mencurahkan pemikiran mengkhawatirkan bahwa ini adalah prognosa terkenal dari visi Armageddon.

8. Richard Noone 2000

5/5/2000

Bug komputer Y2K tidak mengerjai kita. Tapi bencana global akan datang, hal ini diyakini Richard Noone melalui bukunya “5/5/2000 Ice: the Ultimate Disaster.” Menurut bukunya massa es di Antartika akan 3 kali lebih tebal pada 5 mei 2000. Tanggal dimana bumi akan menyentuh langit yang mengakibatkan kematian beku berskala global. Mungkin pemanasan global menyebabkan bencana ini urung terjadi..

9. Departemen Gereja Yehowa 2008

Ronald Weinland

Menurut menteri Gereja Yehowa, Ronald Weinland, akhir jaman telah datang. Dalam bukunya pada 2006 yang berjudul “Saksi Akhir Tuhan” menyatakan akan ada ratusan juta orang meninggal pada 2006 dan waktu maksimal 2 tahun tersisa, dunia akan jatuh ke dalam masa terburuknya dalam sejarah manusia. Amerika Serikat akan jatuh sebagai kekuatan dunia dan tidak ada lagi bangsa yang merdeka. ‘Dalam catatan kecilnya”, Ronald Weindland menempatkan reputasinya ke dalam jajaran sebagai nabi akhir jaman.

Posted Juni 16, 2010 by dani chiaputra in berita, foto

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: